Breaking News
Home » Berita » Workshop Penajaman Memorandum Program Bidang Ciptakarya Tahun 2018

Workshop Penajaman Memorandum Program Bidang Ciptakarya Tahun 2018

Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jabar, melalui Satuan Kerja Perencanaan Pengendalian Program Infrastruktur Permukiman (Satker Randal PIP), pada hari Rabu sampai dengan Jum’at, tanggal 4 – 7   Nopember 2016 mengadakan  Workshop Penajaman Memorandum Program [MP] Bidang Cipta Karya Tahun 2018, yang bertempat di Hotel Best Western Premier La Grande, Jl. Merdeka No. 25-29 Bandung.

Workshop ini dihadiri oleh Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan, Satker Pengembangan Kawasan Permukiman, Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, dan Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jawa Barat dan Dinas PU Provinsi serta Bappeda Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat.

Acara dibuka oleh Iendra Sopyan, ST. M.Si selaku Kepala  Satker Randal PIP Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya Iendra berharap RPIJM bidang Cipta Karya dapat benar-benar mensinergikan  pembangunan/penyediaan infrastruktur permukiman oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah agar pengembangan  wilayah dan pembangunan  lebih tepat sasaran. Dokumen RPIJM kabupaten/kota memuat kebutuhan program dan anggaran bidang Cipta Karya dari usulan daerah (bottom up) yang kemudian akan diharmonisasikan dengan sasaran  output  Renstra  Direktorat  Jenderal  Cipta Karya (top down).  Lebih lanjut Iendra mengatakan bahwa sesuai jadwal perencanaan program bidang Cipta Karya, perencanaan pembangunan infrastruktur permukiman untuk tahun 2018 harus kita siapkan bersama pada tahun ini melalui workshop. Oleh karena itu diharapkan kerjasama dari pemerintah kabupaten/kota dalam menyiapkan usulan prioritas 2018 beserta dokumen readiness criteria.

Setelah pembukaan dan sambutan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai workshop dan desk penajaman memorandum program tahun 2018,  yang dipandu oleh   Tenaga Ahli (TA) Perencanaan dan TA Database Bidang Cipta Karya Jawa Barat,  Encep R Marsadi, TA Perencanaan Cipta Karya Jabar yang mengatakan bahwa Pusat akan melihat kepatuhan daerah dalam mengisi database perencanaan ini. Oleh karena itu, perlu dibangun komitmen dan pemahaman petugas SIM Perencanaan  Cipta Karya”. “Aplikasi SIM Perencanaan Cipta Karya ini dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah proses perencanaan dan penganggaran”imbuhnya.

Acara pada hari ke dua dan ke tiga diisi dengan desk penajaman MP Tahun 2018 dan Reviu Dokumen RPIJM Bidang Cipta Karya Tahun 2015 – 2019 untuk Sektor Penataan Bangunan dan Lingkungan oleh Satler PBL Provinsi Jawa Barat, Sektor Pengembangan Kawasan Perumukiman oleh Satker PKP Provinsi Jawa Barat, Sektor Air Minum oleh Satker Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Provinsi Jawa Barat, Sektor Penyehatan Lingkungan oleh Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman Provinsi Jawa Barat.

Acara ditutup dengan penyampaian dan harapan adanya penyelesaian Memorandum Program Bidang Cipta Karya Tahun 2018 di masing-masing Kabupaten/Kota.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Powered by Web hosting Serverutama