Breaking News

RKPD Kota Banjar Tahun 2022

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Pemerintah daerah harus menyusun dan menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) untuk pembangunan 2005-2025 periode 20 (dua puluh) tahun, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk pembangunan 5 (lima) tahun dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) untuk pembangunan tahunan sesuai tahapan dan tatacara yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Proses penyusunan RKPD Kota Banjar Tahun 2022 dilaksanakan melalui pendekatan:

  1. Top-down, yaitu pendekatan yang memperhatikan program-program prioritas dan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi;
  2. Bottom-up, yaitu pendekatan perencanaaan yang mengakodomasi kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang disampaikan melalui Musrenbang Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai tingkat Kota Banjar;
  3. Teknokratik, yaitu pendekatan perencanaan yang mengedepankan pengetahuan, ilmu dan teknologi yang dilaksanakan dengan menggunakan metode dan kerangka berpikir ilmiah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan daerah;
  4. Politis, yaitu pendekatan perencanaan yang mengakomodasi kepentingan-kepentingan politik dalam pelaksanaan pembangunan, yang ditunjukan dengan terakomodirnya pokok-pokok pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjar;
  5. Partisipatif, yaitu pendekatan perencanaan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

 

Dalam prosesnya, penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Banjar Tahun 2022 masih dihadapkan pada tantangan virus COVID-19. Pandemi ini telah menjadi masalah kesehatan dunia sampai saat ini dan berdampak pada kegiatan masyarakat khususnya kegiatan ekonomi sosial masyarakat. Keberadaan vaksin yang sudah mulai terdistribusi kepada sebagian masyarakat di Indonesia diharapkan dapat meminimalisir masyarakat yang terjangkit oleh virus COVID-19.

Tahun 2022 diharapkan menjadi tahun pertama mulai terlepas dari tekanan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi Indonesia khususnya Kota Banjar. Dengan demikian dalam penyusunan Rencanan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 memperhatikan upaya penanganan COVID-19 secara komperhensif melalui upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi, rekonstruksi dampak COVID-19, serta pemulihan ekonomi dan penyediaan jaringan pengaman sosial. Hal tersebut diimplementasikan dengan menyesuaikan prioritas pembangunan daerah Kota Banjar Tahun 2022 menjadi: 1) BANjar TUjuan INvestasi (BANTUIN); 2) Banjar Aktif, Produktif, Asah Keterampilan (BAPAK); 3) JAlan dan JembatAN di BAnjar Teu Aya nu GOReng (JAJAN BATAGOR); 4) BANDjar Ready EXport (BANDREX); 5) Banjar Agro wisaTA, pusat Komersil, Kebudayaan, Kesenian & Olahraga (BATAKKKO); 6) BAnjar ShOleh, SEhat, Umur panjang sholeHAH, PIntar, SANtun (BASO SEUHAH PISAN); 7) BAnjar Kota layak Ibu dan anAK (BAKIAK); 8) BAnjar kota layak baGI pemudI dan pemuDA (BAGINDA); 9) BAnjar Kota lAyak LANsia (BAKALAN); 10) Banjar Asri Teu Aya Sampah (Banjar ATAS); 11) Banjar Bersih, WTP Selalu (BBWS).

Secara umum, dokumen RKPD mempunyai nilai penting, antara lain:

  1. Merupakan instrumen pelaksanaan untuk mewujudkan keselarasan program dan sinkronisasi pencapaian sasaran RPJMD Kota Banjar Tahun 2018-2023;
  2. Menjadi acuan dalam penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2022;
  3. Mewujudkan keselarasan program dan sinkronisasi pencapaian sasaran RPJMD Kota Banjar Tahun 2018-2023;
  4. Menjadi landasan penyusunan KUA dan PPAS dalam penyusunan RAPBD Kota Banjar Tahun 2022; dan
  5. Menjadi bahan evaluasi rancangan Peraturan Daerah tentang APBD untuk memastikan APBD telah disusun berpedoman pada RKPD.

Dokumen RKPD Kota Banjar Tahun 2022 memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya untuk jangka waktu 1 (satu) tahun, dan disusun berdasarkan RPJMD Kota Banjar Tahun 2018-2023 dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Banjar Tahun 2013-2033. Penyusunan RKPD juga berpedoman pada Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022, dan program strategis nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan provinsi, serta RPJMN Tahun 2020-2024.

Dokumen RKPD Kota Banjar Tahun 2022 dapat diunduh pada link dibawah ini :
Dokumen RKPD Kota Banjar Tahun 2022

Comments

comments

Tinggalkan Balasan