Breaking News
Home » Berita » Ini 2 Prioritas Peluang Investasi di Kota Banjar

Ini 2 Prioritas Peluang Investasi di Kota Banjar

Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Barat bersama Sekretariat West Java Incorporated (WJI) menyelenggarakan Roadshow Verifikasi Peluang Investasi di Kabupaten/Kota di Wilayah IV yang dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 4 Agustus 2016 bertempat di Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah IV, Jl. Ahmad Yani No. 21 Garut – Jawa Barat. Roadshow tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat teknis forum pengembangan ekonomi Jawa Barat yang diselenggarakan di Kantor Perwakilan BI Jabar. Hadir dalam acara roadshow tersebut perwakilan dari Bagian Ekonomi Setda, Bappeda dan BPMPPT kabupaten/kota se- Wilayah Priangan Timur.

Berdasarkan susunan acara yang disampaikan melalui surat undangan, bahwa acara inti dari roadshow WJI ini adalah verifikasi peluang investasi yang ada di kabupaten/kota khususnya di wilayah priangan timur, meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran. Masing-masing dari kabupaten/kota tersebut memaparkan prioritas peluang investasinya.

Adapun untuk Kota Banjar telah menyampaikan 19 peluang investasi ke Sekretariat WJI, diantaranya:

  1. Pusat Promosi dan Rest Area Perbatasan Jabar-Jateng
  2. Ekowisata Budaya Batu Peti
  3. Pengembangan Agrowisata Lembah Panjamben
  4. Pengembangan Hotel Berbintang
  5. Pengembangan Wahana Wisata Situ Mustika
  6. Pengembangan Wahana Wisata Situ Pulo Majeti
  7. Pengembangan Wisata Situ Leutik
  8. Pengembangan Wisata Sungai/Wisata Air Citanduy
  9. Pembangunan Pasar Grosir
  10. Pusat Sentral Perdagangan
  11. Budidaya dan Pengelolaan Usaha Udang Galah
  12. Home Industry Pengrajin Olahan Gula Kelapa
  13. Industri Pengawetan Buah Rambutan si Batulawang
  14. Pembangunan Industri Kelapa Terpadu
  15. Budidaya Tanaman Pepaya California
  16. Pengembangan Budidaya Padi Organik
  17. Modernisasi Peternakan Kambing PE dan Industri Pengolahan Susu Kambing PE
  18. Pembangunan Sub Terminal Agro (STA)
  19. Pergudangan Umum

Dari 19 peluang investasi tersebut, investasi hotel berbintang dan pembangunan pusat perdagangan merupakan yang prioritas untuk ditawarkan kepada investor melalui Sekretariat WJI ini. Untuk sebuah kota memang sampai saat ini di Kota Banjar masih sangat minim untuk fasilitas akomodasi dalam hal ini perhotelan, jika ada event-event besar dalam skala regional bahkan nasional, tidak sedikit para wisatawan ataupun tamu undangan yang memilih menginap di hotel-hotel sekitar Kota Banjar dalam hal ini di Tasik, Ciamis dan Pangandaran karena memang kabupaten kota tersebut memiliki sarana akomodasi yang lebih memadai. Untuk itu, investasi perhotelan ini merupakan yang sangat prospektif jika dilihat sekarang-sekarang ini di Kota Banjar selalu ada event-event otomotif digelar hampir setiap bulan.

Begitu juga untuk pusat perdagangan, untuk sebuah kota memang seharusnya sudah ada pusat perdagangan yang terintegrasi dengan tempat-tempat hiburan atau wisata. Contoh di Kota Tasikmalaya dengan Asia Plazanya, dimana tempat tersebut merupakan tujuan favorit untuk berbelanja, rekreasi, hiburan keluarga setiap harinya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Powered by Web hosting Serverutama