Breaking News
Home » Berita » FGD Penelitian KPJu UMKM Unggulan Kota Banjar Tahun 2016

FGD Penelitian KPJu UMKM Unggulan Kota Banjar Tahun 2016

Prima Kelola IPB menggelar Focus Group Discussion (FGD) “Penelitian Komoditas/Produk/Jenis Usaha (KPJu) Unggulan UMKM Tahun 2016 di Provinsi Jawa Barat” khususnya untuk wilayah kerja Kota Banjar pada hari Rabu, 2 November 2016 bertempat di Aula Rapat Bappeda Kota Banjar. FGD ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya dimana pada tahap awal telah dilaksanakan penelitian diseluruh kecamatan yang ada di Kota Banjar dengan melakukan kunjungan dan penjaringan pendapat kepada para pejabat dinas/instansi terkait di Kota Banjar untuk mendapatkan komoditas/produk/jenis usaha unggulan pada tiap sektor/kategori lapangan usaha.

FGD ini dihadiri oleh kurang lebih 42 peserta yang terdiri dari unsur Bagian Ekonomi Setda Kota Banjar, para Kepala Bidang dari Dinas Perindagkop dan Dinas Pertanian Kota Banjar serta Bidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Hadir pula pada kesempatan itu perwakilan dari bank-bank yang ada di Kota Banjar seperti perwakilan dari BJB, BRI, Mandiri dan BNI. Tidak terkecuali para perwakilan camat, kepala desa dan lurah se Kota Banjar.

Acara FGD ini dibuka oleh Sekretaris Bappeda Kota Banjar, dalam arahannya disampaikan bahwa UMKM yang maju dan berdaya saing tinggi itulah harapan kita semua. Semakin banyak UMKM yang tumbuh, semakin banyak pula lapangan pekerjaan yang ditawarkan. Sehingga kedepan, program-program pemberdayaan UMKM itu harus lebih fokus, tepat sasaran dan berkesinambungan. Bagaimana caranya UMKM itu tumbuh subur di Kota Banjar, artinya kebijakan kita pemerintah daerah harus menciptakan iklim investasi yang kondusif, regulasi dan prosedur perijinan dipermudah, akses ke perbankan juga mudah, sehingga kendala-kendala klasik bagi para pelaku usaha seperti kekurangan modal dapat dengan mudah teratasi.

Selain itu, Sekretaris Bappeda juga dalam arahannya mengingatkan bahwa tantangan yang lainnya adalah bagaimana para pelaku usaha itu, khususnya yang kategori mikro dapat naik kelas menjadi skala usaha kecil, yang skala usaha kecil naik kelas menjadi menengah atau bahkan menjadi skala usaha besar. Artinya kita harus punya basis data yang update, sehingga kita tahu, UMKM mana yang perlu kita dorong, UMKM mana yang mempunyai potensi produknya bisa dipasarkan lebih luas, pangsa pasar produk-produk UMKM itu jangan hanya didalam Kota Banjar saja, tetapi harus kita dorong agar bisa tembus ke pasar-pasar regional, nasional atau bahkan eksport. Untuk itulah setiap tahun dari Dinas Perindagkop Kota Banjar sering mengadakan atau mengikuti event-event pameran, dengan tujuan tiada lain agar produk UMKM Kota Banjar lebih dikenal lebih luas lagi.

Sementara dalam acara inti yaitu pemaparan hasil penelitian dari PT. Prima Kelola IPB yang disampaikan oleh Dr. Andes Ismayana, S.TP., M.T. Adapun materi selengkapnya dapat dilihat pada paparan dibawah ini:

Paparan Penelitian Komoditas/Produk/Jenis Usaha Unggulan UMKM Tahun 2016 di Kota Banjar by Bappeda Kota Banjar on Scribd

Comments

comments

Tinggalkan Balasan