Breaking News
Home » Berita » Bidang Sosial Budaya » Capacity Building PUG oleh DP3AKB Prov Jabar

Capacity Building PUG oleh DP3AKB Prov Jabar

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Capacity Building PUG Bagi Pejabat Eselon III dan IV Tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2017 pada hari Senin 25 September 2017 bertempat di Hotel Tryas Jl. RA. Kartini No. 86, Kesambi, Kota Cirebon – Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan Provinsi Jawa Barat beserta kabupaten/kota mengikuti Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2018, yang mana anugerah tersebut sebagai bentuk pengakuan dari pemerintah pusat atas komitmen dan peran para pimpinan Kementrian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam upaya memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender melelui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Adapun peserta yang hadir pada acara tersebut adalah perwakilan dari Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten/kota se Jawa Barat. Sementara untuk narasumber dari DP3AKB Kabupaten Cirebon dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Sebelum penyampaian materi oleh masing-masing narasumber, acara dibuka terlebih dahulu oleh Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP) DP3AKB Provinsi Jawa Barat DR. Hj. Neni Alyani, S.E., M.Pd. Dalam sambutannya beliau meminta kesiapannya kepada kabupaten/kota untuk bisa berperan aktif dalam ajang APE Tahun 2018, dimana ada 6 komponen/item prasyarat yang harus disiapkan diantaranya : (1) Komitmen dan Kebijakan, (2) Kelembagaan, (3) Sumber Daya Manusia dan Anggaran, (4) Data Gender, (5) Alat Analisis Gender serta (6) Peran Serta Masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber yang pada kesempatan pertama dari DP3AKB Kabupaten Cirebon dengan materi Best Practise Implementasi Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Cirebon yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas. Dalam paparannya menjelaskan ke 6 komponen prasyarat PUG yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Cirebon yang mana pada tahun 2016 Kabupaten Cirebon meraih penghargaan APE kategori Pratama. Selain itu beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah pembinaan ketahanan keluarga berbasis gender, bimbingan manajemen usaha bagi perempuan kepala keluarga dan lain-lain.

Sementara narasumber dari Kementrian PPPA yang disampaikan oleh Kepala Bagian Penyusunan Program dan Anggaran menyampaikan materi terkait dengan Pengarusutamaan Gender (PUG), Evaluasi PP PA (APE) dan Percepatan PUG melalui Program Perencanaan  Responsif Gender (PPRG).

Comments

comments

Tinggalkan Balasan