Breaking News
Home » Berita » Bappeda Kota Banjar melalui Bidang Perencanaan berpartisipasi dalam pengisian kuesioner IDSD tahun 2019

Bappeda Kota Banjar melalui Bidang Perencanaan berpartisipasi dalam pengisian kuesioner IDSD tahun 2019

Kemenristekdikti melalui Direktorat Sistem Inovasi, Ditjen Penguatan Inovasi telah menginisiasi penyusunan model pengukuran indeks daya saing daerah (IDSD) yang diharapkan dapat menggambarkan kondisi dan kemampuan suatu daerah dalam mengoptimalkan seluruh potensi yang dimilikinya melalui peningkatan produktifitas, nilai
tambah dan persaingan baik domestik maupun internasional demi kesejahteraan yang tinggi dan berkelanjutan.

IDSD juga dapat diartikan sebagai refleksi tingkat produktivitas, kemajuan, persaingan dan kemandirian suatu daerah. Pentingnya IDSD sebagai alat untuk menilai keberhasilan suatu daerah untuk dapat bersaing dengan daerah lain dan mendukung daya saing nasional. Pengukuran IDSD diharapkan menjadi salah satu dasar utama penyusunan dan penetapan kebijakan nasional maupun daerah yang mendorong sinergi program antar sektor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kepemimpinan daerah yang inovatif.

 

Bappeda Kota Banjar melalui Bidang Perencanaan Pengendalian Evaluasi dan Penelitian Pembangunan, Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan telah berpartisipasi dalam pengisian kuesioner IDSD tahun 2019, meskipun hasil belum bisa maksimal tapi dijadikan bahan evaluasi untuk dioptimalkan pada tahun berikutnya, dengan harapan bisa masuk peringkat 10 besar tingkat Kota se Indonesia.

Comments

comments

Leave a Reply